Blog

6 Produk daur ulang dari berbagai Brand asal Bali

September 3, 2021
6 Produk daur ulang dari berbagai Brand asal Bali image

Apa itu produk daur ulang

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Bali? Pulau yang sering dianggap sebagai surga kecil di Indonesia ini terkenal memiliki pemandangan dan budaya yang indah. Selain itu, Pulau Bali juga sering dianggap sebagai gudangnya para seniman yang kreatif.

Daur ulang adalah proses menjadikan bahan sisa atau bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mengurangi limbah dam menjadi produk ramah lingkungan. Dengan melesatnya pertumbuhan berbagai macam industri yang seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, berbanding lurus dengan tercemarnya lingkungan. Limbah dari sisa produksi ataupun barang bekas yang hanya digunakan beberapa kali oleh konsumen, memunculkan permasalahan baru, yaitu sampah yang menggunung dan mencemari berbagai aspek lingkungan seperti air, udara, tanah dan makhluk hidup.

Riset dari Sustainable Waste Indonesia (SWI) mengungkapkan daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10 persen. Daur ulang sampah hanya tiga persen.

Maka dari itu, daur ulang dapat menjadi solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan limbah, terutama di Indonesia

Manfaat produk daur ulang

1. Pengurangan Limbah Tempat Pemrosesan Akhir

Manfaat daur ulang yang paling jelas adalah berkurangnya limbah di tempat Pemrosesan akhir. Salah satu manfaat utama dari daur ulang, dari skala pribadi hingga perusahaan, adalah membantu mengurangi jumlah timbunan sampah yang menumpuk di pusat-pusat pelayanan sampah TPA.

Akibatnya, resiko kebocoran gas alam, bahan kimia beracun, dan zat berbahaya lainnya ke ekosistem lokal berkurang. Memastikan bahwa lingkungan lokal tetap bersih dan aman bagi mereka yang tinggal di dekat tempat pembuangan limbah sangatlah penting.

2. Membantu Konservasi Sumber Daya Alam

Manfaat daur ulang, dalam skala nasional dan internasional, membantu meningkatkan kehidupan dan habitat masyarakat dan satwa liar. Yaitu dengan mengurangi jumlah kayu, air dan mineral yang digunakan dalam proses manufaktur.

Hutan tidak ditebang untuk menyediakan kertas baru ketika kertas daur ulang digunakan sebagai gantinya, dan penanaman kembali pohon didorong di daerah yang sebelumnya menyediakan sumber kertas.

3. Hemat Energi

Manfaat daur ulang ternyata juga mengurangi penggunaan energi total di seluruh planet ini. Energi yang digunakan untuk membuat produk baru tidak diperlukan saat bahan daur ulang digunakan.

Menggunakan bahan daur ulang dalam proses pembuatan berarti bahwa bahan mentah tidak diproses sejauh yang diperlukan sebelumnya, karena bahan daur ulang mungkin sudah dimurnikan ke tingkat yang sesuai untuk diproses lebih lanjut untuk membuat produk baru.

4. Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Manfaat daur ulang juga berkontribusi dalam melawan perubahan iklim. Perubahan iklim menjadi perhatian para pemimpin di seluruh dunia, dan cara apa pun untuk mengurangi ketergantungan pada emisi gas rumah kaca akan sangat menentukan ekonomi dan ekologi planet ini di masa depan.

Menggunakan bahan daur ulang pada tingkat industri untuk pembuatan dan pemrosesan membuat bahan murni tidak diperlukan, dan ketergantungan pada produksi bahan baru secara bertahap berkurang karena teknologi baru dan inovatif yang digunakan dalam proses daur ulang modern.

Usaha produk ramah lingkungan yang ada di bali dan berbagai bahan yang digunakan

Di Bali ada banyak sekali usaha yang berfokus pada teknik daur ulang limbah. Trimin akan membahas beberapa usaha yang menggunakan berbagai jenis bahan produk daur ulang seperti kain, plastik, kaca, kertas, kaleng, kayu, hingga karet. Yuk, simak nama-nama usaha di bawah ini!

Tri Upcycle - Daur ulang kain

Bicara soal daur ulang dari Bali, tentunya Tri Upcycle wajib disebut sebagau salah satu usaha sosial yang mendaur ulang limbah tekstil atau kain menjadi aksesoris fesyen dan homeware yang cantik dan kreatif. Tidak hanya itu, Tri Upcycle selalu menggaungkan kampanye konsumsi bijak dan bercita-cita menghijaukan Indonesia dengan cara menanam pohon untuk setiap penjualan produknya. Psst.. kamu juga bisa membuat produk custom sesuai dengan keinginanmu, lho!


Foto Bandana Tri Upcycle Custom Peta Bali

Dua Kala - Daur ulang plastik

Usaha ini mendaur ulang plastik untuk menjadi produk dengan fungsi dan nilai lebih dari produk aslinya—dari limbah botol plastik bisa mereka buat menjadi card holder, tatakan, hingga bingkai kacamata dan anting-anting yang manis!



Foto contoh produk seteleh hasil daur ulang dari plastik


Love Life Studio
 - Daur ulang kaca

Di Love LIfe Studio kamu bisa mendaur ulang berbagai jenis limbah kaca. Dengan berbagai alat seperti pemotong kaca, mesin sandblast dan amplas, botol wine yang sudah pecah bisa disulap menjadi gelas yang tampak baru hingga perhiasan cantik.

Foto contoh produk daur ulang dari botol kaca yang di ubah menjadi aksesoris


Saraswati Paper
 - Daur ulang kertas

Setiap lembar kertas buatan tangan dari Saraswati Paper dibuat menggunakan 100% kertas daur ulang yang sudah digunakan yang dikumpulkan dari sekolah, kantor, hotel, dan rumah di sekitar Bali. Diwarnai menggunakan pewarna alami yang diambil dari tanah, akar dan daun, dan bertekstur dengan penambahan serat tanaman berkelanjutan seperti bambu dan kelopak bunga.



Foto contoh produk daur ulang dari kertas


Kunang Jewelry
 - Daur ulang kaleng

Terlahir dari kepedulian terhadap dampak manusia dan lingkungan dari tambang emas, Kunang Jewelry mengolah limbah logam sebagai bahan alternatif dalam industri sambil bekerja, mendidik, dan memberdayakan masyarakat setempat. Mereka menggunakan kaleng bekas, salah satunya yang berasal dari tutup botol kaleng sebagai material utama perhiasan yang diproduksi. Cantik sekali ya!


Foto Contoh Produk daur ulang dari kaleng menjadi sebuah perhiasan yang di produksi diBali

I-Rewood - Daur ulang kayu

I-Rewood membuat peralatan rumah tangga kayu daur ulang dan dekorasi rumah. Bahan utama mereka berasal dari berbagai kayu yang sudah tidak digunakan atau dibuang.



Foto contoh produk daur ulang dari Kayu yang di produksi oleh i-rewood diBali


Indosole
-  Daur ulang karet

Alas kaki yang bergaya jarang berasal dari bahan daur ulang. Tapi lihat apa yang dibuat oleh Indosole! Bahan karet bekas ban kendaraan diubah menjadi sandal yang tahan banting.

Foto Contoh Produk daur ulang dari karet menjadi sendal yang di buat oleh Indosole diBali


Nah, itu dia beragam jenis dan usaha produk daur ulang yang berasal dari Bali. Yuk, dukung inisiatif seperti ini untuk memberikan dampak positif tidak hanya untuk lingkungan yang lebih lestari tapi juga demi perekonomian Bali yang merosot karena pandemi!

Untuk pembelian produk Tri Upcycle, kamu bisa kunjungi shop page kami.